Rabu, 20 Januari 2016

Pengalaman PKK I RB

Selesai ujian praktek semester3, saya praktek di Klinik Lestari Asih yang ada di bonang..
disana saya praktek selama 3 minggu, dari tanggal 23 November - 12 Desember. Banyak ilmu yang saya dapatkan disana, bidan-bidan nya juga baik. awalnya saya pulang pergi klinik-rumah, tapi karna shif yang selalu full, saya harus tinggal sementara di klinik,,
Dari kampus saya harus bisa memenuhi target yang diberikan,,lumayan banyak tapi InsyaAllah bisa terpenuhi.. selama disana saya memeriksa ibu hamil, membantu dokter SpOG untuk USG ibu hamil, saya juga melihar prosesnya persalinan yang sebelumnya saya cuma lihat di youtube..
pengalaman perdana saya waktu menemani ibu melahirkan, perasaanya itu campur aduk disaat ibu nya merasakan sakit ketika menunggu pembukaan lengkap, saya juga sepertinya merasakannya..
selama beberapa jam akhirnya pembukaan sudah lengkap dan keluarlah kepala, saya degdegan dan terharu karna bisa melihat proses persalinan yang ternyata perjuangan ibu itu antara hidup dan mati untuk melahirkan anaknya.
keluar kepala lalu sangahsusur dan keluarlah si bayi, bayinya menangis kencang, disaat itu saya seperti ingin menangis mendengar suara tangisan si bayi.. lahirlah bayi laki2 dengan berat 3000gr, panjang badan 50cm,,
dan itulah salah satu pengalaman yang sulit dan tidak akan pernah terlupakan.. dan waktupun tidak terasa, akhirnya saya sudah harus selesai praktek di klinik tersebut. semoga apa yang saya dapatkan disana bisa menjadi bekal setelah saya lulus nanti dan bisa menjadi bidan yang profesional..
mungkin segitu saja yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman saya disana..

1 komentar: